Sabtu, 22 Agustus 2009

Pentingnya Internet

Pendidikan dalam dunia Internet

Internet ialah Singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Department of Defense dalam proyek ARPAnet.

Internet dapat berguna untuk mencari nafkah ,banyak orang yang membuka warung internet yang di singkat menjadi WARNET. WARNET tersebut sering di datangi oleh para pelajar yang jaman sekarang telah banyak mengetahui tentang teknologi ,dan WARNET tersebut terbagi atas 2 bagian . yaitu akses internet browser dan permainan


Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses sumber informasi yang sangat sulit. Perpustakaan konvensional yang merupakan sumber informasi sangat sulit dijangkau karena jumlahnya sangat terbatas dan dengan terbatasnya ketersediaan buku. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal sehingga ilmu (dalam hal ini sumber informasi) menjadi sangat sulit ditemukan dan terkesan mahal. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya. Tetapi patut disayangkan karena di negara kita Indonesia, internet masih sangat mahal.

Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet seharusnya menjadi salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
Internet dapat digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam perkuliahan. Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.


Peran internet di dalam sekolah-sekolahan masih sangat kecil , berhubung hanya beberapa sekolah yang dapat mengakses internet lewat sekolah ,dan sedikit nya guru-guru atau murid-murid yang dapat menggunakan akses internet tersebut . Jika internet tersedia di sekolah-sekolah , maka banyak manfaat yang dapat kita petik seperti :

  • Para pelajar dapat mengetahui informasi lebih lengkap lewat internet.
  • Para pelajar dapat berkomunikasi dengan menggunakan akses internet tersebut.
  • Pendaftaran murid baru pada sekolah tersebut akan lebih gampang apabila formulirnya dapat di ambil melalui internet.
  • Para pelajar dapat menambah wawasan tentang sesuatu yang kurang diketahuinya melalui akses internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar